Pages

Senin, 02 November 2009

Tips menggunakan Google

Google merupakan salah satu search engine yang paling banyak digunakan. Tapi, terkadang apa yang kita ketikkan di search box, tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Nah, disini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk menggunakan google itu sendiri.

  1. Filetype : filetype digunakan untuk pencarian data berupa format-format khusus seperti : doc, ppt, cdr, dll. Caranya : ketik Matematika filetype:doc (Yang akan ditampilkan google yaitu file matematika yang berekstensi doc)
  2. Site : site digunakan untuk mencari web sesuai dengan domain yang kita inginkan seperti : blogspot.com, go.id, dll. Caranya : ketik Matematika site:go.id (yang akan ditampilkan google yaitu web yang memiliki domain go.id yang menuliskan tentang matematika)
  3. Intitle : intitle digunakan untuk mencari kata kunci yang merupakan judul dari suatu bacaan. Caranya : ketik intitle:matematika
  4. Link : sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special. Sebagai contoh:”link:www.securityfocus.com” akan menunjuukan daftar webpage yang memiliki point link pada page SecurityFocus
  5. Related : Related digunakan untuk pencarian wesite yang memiliki kesamaan dengan web yang dimaksudkan. Caranya : ketik related:www.thejokersclub.blogspot.com (yang akan dimunculkan oleh google adalah website yang serupa dengan www.thejokersclub.blogspot.com)
  6. Menggunakan tanda petik : Tanda petik dimaksudkan untuk pencarian khusus dalam artian kata yang diketikkan tidak dapat dipisah. Caranya : ketik "matematika dasar" ( yang akan ditampilkan yaitu segala sesuatu tentang matematika dasar, bukan matematika ataupun dasar. Tapi yang dimunculkan matematika dasar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya. Semoga kritik dan sarannya dapat membangun blog ini untuk menjadi yang terbaik