Pages

Sabtu, 21 November 2009

Makhluk Mitologi Part 1


Hippogriff
Hippogriff adalah bangsa makhluk legendaris yang masih berkerabat dekat Griffin, yang seringkali dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah burung rajawali/elang, dan setengah kuda. Kepala dan badan depannya menyerupai rajawali sedangkan tubuh bagian belakangnya berupa tubuh dan kaki kuda. Menurut legenda, Hippogriff merupakan makhluk hasil perkimpoian antara kuda dengan Griffin.

Kesimpulannya, Hippogriff memang seperti Griffin, namun ia lebih jinak sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Dalam dongeng-dongeng dan kisah fiksi fantasi, Hippogriff sering berperan sebagai hewan peliharaan atau kendaraan bagi ksatria dan/atau tukang sihir. Hal itu membuat Hippogriff menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau tempat-tempat jauh, nyaman ditunggangi, dan secepat kilat.

Lilith
Lilith adalah iblis betina berasal dari Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari sorga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

Ada juga versi yg menyebutkan bahwa Lilith sejak semula memang bukan manusia. Tampak seperti manusia (wanita), tetapi bukan. Lilith adalah salah 1 dari fallen angels yg mencoba mendekati Adam untuk mencemari keturunannya. Karena itu kemudian Eve (hawa) diciptakan bagi sebagai penolong yg sepadan bagi Adam. Lilith kemudian meninggalkan Adam untuk menjadi istri Lucifer & melahirkan banyak iblis.
Konon Lilithlah yg menjelma menjadi ular untuk menipu Eve memakan buah dari pohon terlarang.

Gnome
Gnome adalah bangsa makhluk legendaris yang berukuran sangat kecil dan hidup di bawah tanah. Menurut Paracelsus, Gnome merupakan makhluk supernatural yang hidup dari unsur tanah. Meskipun kecil, mereka mampu berjalan dengan mudah mengikuti langkah seorang manusia. Mereka biasanya memakai topi kerucut, dan sinar matahari bisa mengubah mereka menjadi batu. Dalam beberapa kisah, mereka sering dilukiskan sebagai makhluk yang sangat kecil, mukanya jelek, diidentikkan sebagai bangsa perigoblin. Mereka memiliki kekuatan ajaib untuk membuat orang merasa senang atau sedih. yang jahil, atau disamakan dengan

Kata gnome dihubungkan dengan kata “gnomus” (bahasa Latin). Seringkali disamakan dengan kata “gnossis” (bahasa Yunani), yang berarti pengetahuan, namun asal kata yang lebih cocok adalah “genomos”, yang berarti penghuni bawah tanah.

Gnome muncul dalam dongeng-dongeng Jerman, termasuk dongeng karangan Grimm bersaudara, sebagai orang tua bertubuh kecil yang hidup di bawah tanah, yang menjaga harta karun terkubur. Gnome juga muncul dalam kebudayaan negara Eropa lainnya dengan berbagai nama: Kaukis dari Prussia; Barbegazi, makhluk mirip gnome dengan kaki besar dalam cerita rakyat Perancis dan Swiss. Vættir adalah sejenis gnome dari negara Islandia.

Dullahan
Dullahan merupakan monster dari legenda Celtic, yang mengendarai kuda hitam tak berkepala sambil membawa-bawa kepalanya di tanganya, Mata pada wajah yang dibawanya dikerebungi larva dan senyuman manis di wajahnya dikatkan hampir mencapai telinga. dan daging pada kepalanya mempunyai warna seperti keju basi.

Ketika dulahan berhenti di hadapan korbanya dia meneriakan namanya dan secara perlahan2 menghilang sambil menghisap roh korbanya. Jika kau melihat kejadian ini maka dia akan memecut atau melemparkan darah kepadamu, dan itu berarti kau adalah selanjutnya

Tapi ada cara mengusir dullahan, dikatakan dulahan takut terhadap emas, bahkan sebuah pin emas cukup untuk membuat dulahan lari
Dikatakan tatapan mata dulahan mampu membuat korbanya lumpuh dan melihat tak berdaya apa yang akan dia lakukan

Cockatrice
Cockatrice merupakan makhluk legendaris menyerupai ayam jantan yang besar dengan badan mirip kadal. Cockatrice yang pertama kali dijelaskan pada akhir abad kedua belas sebagai duplikat dari Basilisk Namun, tidak seperti Basilisk, cockatrice memiliki sayap.

Lahir dari telur yang dihasilkan oleh ayam jantan yang kemudian dierami oleh katak. Legenda lainnya mengatakan cockatrice mempunyai napas beracun dan apabila melihat matanya korbannya akan mati seketika, namun cockatrice bisa terbunuh oleh suara dari kokok ayam jantan. Seperti Medusa kekuatan cockatrice untuk membuat korban jadi batu sangat efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya. Semoga kritik dan sarannya dapat membangun blog ini untuk menjadi yang terbaik