Pages

Senin, 02 November 2009

Dewa Thor Kehilangan Palunya

Cerita ini diambil dari kiansavero.multiply.com

Bangsa Viking percaya bahwa dunia yang dihuni itu adalah sebuah pulau yang selalu terdapat ancaman dari luar. Mereka menyebut bagian ini disebut midgard, didalamnya terdapat Asgard tempat para dewa dan diluarnya adalah Utgard tempat para raksasa yang curang dan jahat. Bangsa Utgard ingin sekali menghancurkan Midgard yang tujuannya adalah menguasai dunia, cara paling ampuh adalah dengan menculik dewi Freyja (dewi Kesuburan).

cerita itu seperti yang di sampaikan dalam puisi Eddic "Syair Thrym". Yang menceritakan mengenai Thor yang kehilangan palunya saat bangun dari tidurnya.Bangsa Nowegia percaya bahwa Thor mengendarai sebuah kereta yang ditarik dua ekor kambing melintas angkasa, ketika mengayunkan palunya terdengar guntur dan halilintar. "Guntur" dalam bahasa Norwegia "Thor-Don' yang artinya Raungan Thor. Diwilayah Skandinavia Thor menjadi salah satu dewa paling penting, karena bahwa hujan selalu ada hubungannya dengan Thor. Bagi bangsa Viking Thor dipuja sebagai Dewa Kesuburan.

Kembali ke cerita, menyadari palunya hilang Thor marah dengan wajah memerah dan gemetar Thor menemui Loki. Bersama Loki, Thor menemui Freyja untuk meminjam sayap Freja agar Loki dapat terbang ke Jotunheim, Negeri para raksasa, dan memastikan apakah palu Thor di Curi oleh mereka. Di Jotunheim Loki bertemu dengan Thym, raja para raksasa, Thyrm membual bahwa palu Thor memang telah mereka curi dan disembunyikan di tujuh lapis bawah bumi, dia juga menambahkan, palu itu akan dikembalikan jika Freyja mau menjadi mempelai wanita Thym. jika hal tersebut dibiarkan tidak akan ada lagi ladang yang tumbuh subur dengan tanaman, para wanita tidak akan lagi bisa memiliki anak (keturunan).

mendengar penjelasan itu Loki kembali ke Asgard, dan meminta Freyja mengenakan baju pengantin dan menjadi mempelai Thym. Freyja marah. tetapi Dewa Heimdall memiliki gagasan untuk mengganti Freyja dengan Thor, dimana Thor harus mengenakan pakaian mempelai wanita.dengan Loki sebagai pengiring pengantinnya.

Dari cerita ini ada keunikan, dan sedikit gurauan,yang pertama, pada saat para dewa sampai ke Jotunheim, selama pesta pernikahan itu berlangsung Freyja (Thor yang sedang menyamar) menyantap seekor sapi utuh dan delapan ekor ikan salmon. Thym tentunya curiga, namun Loki berusaha mengalihkan bahaya, Loki mengatakan kepada Thym bahwa Freyja tidak mau makan selama seminggu untuk menanti pernikahan ini. kedua, pada saat Thym mengangkat kerudung Freyja, Thym melihat mata merah Thor, lagi-lagi loki menyelamatkan Thor dengan mengatakan bahwa Freyja tidak bisa tidur selama seminggu menanti perhelatan ini. mendengar penjelasan itu, Thym memerintahkan untuk meletakkan palu Thor dipangkuan mempelai wanita. ketika palu itu diletakkan di pangkuan Freyja (Thor) tawa Thor membahana, mula-mula Thor membunuh Thym, kemudian keluarganya dan para raksasa lainnya. Yang akhir cerita ini berakhir dengan kebahagiaan. dan kedamaian seluruh negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya. Semoga kritik dan sarannya dapat membangun blog ini untuk menjadi yang terbaik