Pages

Sabtu, 10 Oktober 2009

Dewa-Dewi Yunani

Dalam mitologi ini, dewa-dewi Yunani digambarkan sebagai manusia yang pernah dilahirkan tetapi dia tidak pernah menjadi tua, mempunyai karakteristik sendiri, kebal terhadap apapun, dan tidak dapat dilihat. Banyak dari mereka yang kemudian menikah dengan manusia biasa, sehingga melahirkan anak-anak setengah dewa setengah manusia. Anak-anak ini disebut sebagai pahlawan.

Dewa-dewi diceritakan sebagai keturunan dan saudara-saudara Dewa Zeus. Mereka tinggal di Gunung Olympus. Dewa-dewi ini juga dikenal sebagai Dewa Olympus. Jumlah mereka adalah 12 (orang atau biji???), tetapi di akhir nanti ada satu "penyusup".

1. Dewa Zeus

Dikisahkan bahwa Dewa Zeus menggulingkan kekuasaan Dewa Titan. Lalu Dewa Zeus menguasai tahta kerajaan Olympus. Dewa Zeus mengatur dewa dan manusia serta menjaga alam semesta agar tertib dan adil. Dewa Zeus ini dikisahkan sebagai dewa yang tidak baik tindak-tanduknya. Dia dikisahkan sebagai suami yang tidak setia, suka mengejar-ngejar para dewi-dewi, meninggalkan kecurangan, kesedihan, serta kekerasan di masa lampau. Dikisahkan pula bahwa Dewa Zeus membagi dunia menjadi tiga, yaitu dunia langit, dunia laut, serta dunia kematian. Kemudian dia membaginya dengan kedua saudaranya. Dewa Zeus merupakan dewa langit.

2. Dewi Hera

Dikenal sebagai adik dan istri Dewa Zeus. Dewi Hera merupakan dewi pernikahan, pengorbanan, serta kesetiaan. Dia selalu melindungi para wanita yang telah menikah. Karena Dewi Hera tahu rasanya dikhianati. Sering digambarkan sebagai dewi yang agung, hikmat, serta berwibawa. Dewi Hera selalu menimbulkan keirian bagi seluruh dewi-dewi karena kecantikannya. Tetapi dia juga bersifat licik.


3. Dewa Poseidon

Dalam pembagian dunia yang dilakukan oleh Dewa Zeus, Dewa Poseidon mendapatkan dunia laut. Dia bertugas untuk melindungi lautan. Dikisahkan bahwa Dwa Poseidon mengatur laut dari bawah permukaan laut. Dia menciptakan gelombang-gelombang laut, serta angin bahkan badai di laut. Dewa Poseidon dikenla pula sebagai Dewa Neptunus.


4. Dewa Ares

Dewa Ares dikenal pula sebagai Dewa Mars. Dia memiliki dua pengawal setia yaitu Phobos dan Deimos. Dalam mitologi, bulan Maret merupakan bulan persembahan bagi Dewa Ares. Dewa ini merupakan dewa yang melambangkan perang dan pembantaian. Dikisahkan dalam perang Troya dengan kekuatannya dia membantu prajurit Troya, Hector. Kisah Dewa Ares adalah gambaran sifat manusia yang saling membenci.

5. Dewa Hermes

Dewa Hermes yang juga dikenal sebagai Dewa Mercurius merupakan Dewa pelindung bagi para pedagang serta pengirim berita. Dewa ini merupakan dewa yang selalu bergerak, karena adanya terompah bersayap di kakinya. Karena selalu membawa keberuntungan, maka Dewa Hermes lebih sering muncul dalam mitologi-mitologi Yunani. Walau begitu, dia juga dikisahkan pernah mencuri kambing milik Dewa Apollo dan sebagai permohonan maafnya, dia membuat harpa dari rumah kura-kura.


6. Dewa Hefestus

Merupakan dewa yang paling buruk rupa. Menurut mitologi, karena adanya perselisihan maka Dewa Hefestus dibuang oleh Dewa Zeus. Tetapi sumber lain mengatakan bahwa Dewa Hefestus merupakan putra dari Dewa Zeus dan Dewi Hera, tetapi karena buruk rupa Dewa Hefestus dibuang oleh Dewa Hera saat melahirkannya. Dewa Hefestus merupakan dewa api, tukang kayu, penempa besi, dan pengrajin senjata.

7. Dewi Aphrodite

Dewi Aphrodite mrupakan dewi yang melambangkan asmara, seks dan kecantikan. Disebut pula sebagai Dewi Venus. Dewi Aphrodite kemudian dinikahkan dengan Dewa Hefestus oleh Dewa Zeus karena Dewa Zeus khawatir para dewa akan memperebutkan Dewi Aphrodite.

8. Dewi Athena

Dilambangkan sebagai dewi kebijaksanaan, strategi, keindahan jiwa, seni, pendidikan dan perang. MEnurut mitologi Dewi Athena lahir dari kepala Dewa Zeus. Hal ini disebabkan Dewi Metis-ibu dari Dewi Athena-saat mengandung Dwi Athena diramalkan akan melahirkan anak yang lebih pintar dari Dewa Zeus, suaminya yang diprediksi dapat menggulingkan pemerintahan Dewa Zeus. Untuk mencegah hal tersebut, Dewa Zeus menelan Dewi Metis. Tetapi kemudian Dewa Zeus mengalami sakit kepala hebat, sehingga meminta Dewa Hefestus untuk membelah kepalanya, maka dari situ keluarlah Dewi Athena yang berbaju perang lengkap.

9. Dewa Apollo

Dewa Apollo merupakan dewa cahaya, musik, cahaya, pelindung para pemanah, dan obat-obatan. Dipercaya bahwa Dewa Apollo adalah dwa pertama yang mengajari manusia tentang musik, pengobatan, serta ilmu-ilmu. Dikisahkan Dewa Apollo merupakan anak dari Dewa Zeus dan Dewi Leto. Dia merupakan saudara kembar Dewi Artemis. Kemudian Dewa Apollo melanjutkan kejayaan pemerintahan ayahnya Dewa Zeus.


10. Dewi Artemis

Dewi Artemis merupakan dewi hutan, perbukitan, berburu, serta kelahiran. Digambarkan Dwi Artemis selalu membawa busur dan anak panah perak. Lalu rusa dan pohon sifrus merupakan keramat baginya. Dewi Artemis merupakan dewi yang paling pandai memanah seantero Gunung Olympus.

11. Dewi Demeter

Dewi Demeter merupakan perlambang dari dewa kesuburan, bunga, pertanian, makanan, dan perkawinan. Dewi Demeter mengajarkan pada manusia cara bercocok tanam, sehingga para manusia meninggalkan kebiasan berburu. Di rambutnya digambarkan adanya bulir-bulir padi yang menunjukkan bahwa dia merupakan dewi kesuburan. Dalam mitologi Yunani, Dewi Demeter dikenal pula sebagai Ceres.

12. Dewi Hestia

Dewi Hestia merupakan dewi pelindung rumah, perapian, serta keluarga. Tetapi karena sifatnya yang pendiam maka Dewi Hestia tidak pernah dieksploitasi. Bahkan dia rela meyerahkan kedudukannya sebagai 12 dewa penting kepada Dionysus.

13. Dewa Dionysus

Merupakan satu-satunya dewa yang memiliki orang tua seorang manusia. Anugerah yang diberikan kepadanya adalah air suling anggur yang mampu membukkan para peminumnya. Dewa Dinysus kemudian dikenal sebagai dewa teater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya. Semoga kritik dan sarannya dapat membangun blog ini untuk menjadi yang terbaik